NaZi

NaZi
Arti Hidup

Selasa, 24 Mei 2011

Sekilas Info Taekwondo

    Taekwondo dan Kemajuan Korea
Menurut Arip Muttaqien, Taekwondo terdiri dari tiga kata tae, kwon dan do. Tae artinya kaki atau menghancurkan dengan menggunakan teknik tendangan. Kwon artinya tangan atau menghantam dan mempertahankan diri dengan teknik tangan. Do artinya seni mendisiplinkan diri. Secara sederhana, Taekwondo berarti seni dan cara mendisiplinkan diri dengan menggunakan teknik kaki dan tangan tanpa menggunakan senjata. Taekwondo merupakan cabang olahraga beladiri populer Korea, bahkan menjadi kebanggaan masyarakat Korea.

Dalam Taekwondo ada lima sila yang sampai sekarang menjadi aturan pokok bagi Taekwondoin, yaitu: setia kepada Negara, patuh kepada orang tua, dapat dipercaya teman, pantang mundur dalam peperangan dan haram membunuh secara tidak adil. Tae-kwondo juga menekankan sikap saling menghormati dan menghargai, pada musuh sekalipun.

Sepintas lalu, Taekwondo dengan berbagai bentuk derivasinya seolah seperti barang mati yang tidak mungkin mampu menggerakkan makhluk hidup lain, lebih-lebih sebuah bangsa yang urusan rumah tangganya sangat kompleks. Namun, salah besar jika kita melanggengkan asumsi yang semacam itu. Karena faktanya, dengan spirit Taekwondo Korea mampu mensejajarkan dirinya dengan bangsa-bangsa yang sudah lebih dulu maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar